Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini masyarakat Jabodetabek tengah masuk ke dalam fase yang sangat menentukan. Anies merujuk kepada perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)hingga 4 Juni 2020 mendatang. Menurutnya jika dalam rentang waktu itu tingkat penyebaran Covid 19 menurun maka masyarakat dapat bertransisi menuju 'new normal'.

"Pada hari hari ini bila penularan di DKI Jakarta menurun maka sesudah tanggal 4 Juni, maka kita bisa melakukan transisi menuju normal baru," ujar Anies, dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (25/5/2020). Namun, apabila dalam beberapa hari ke depan angka penularan Covid 19 di Ibukota semakin bertambah maka ada potensi dimana pemerintah harus mengulang proses yang telah dijalankan sejak Maret silam. "Bilahari hari kedepan angkanya meningkat, karena kita mulai bebas bepergian, tidak disiplin menggunakan masker, tidak bisa mencuci tangan, maka ada potensi kita harus memperpanjang dan akan mengulang proses yang kita kerjakan kemarin," kata dia.

Padahal, Anies mengklaim bahwa selama dua bulan lebih ini DKI Jakarta telah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan. Dia menyebut 60 persenwarga DKI Jakarta memilih untuk tifak bepergian dan tetap berada dalam rumah selama pandemi. Kemudian kendaraan pribadi yang beroperasi hanya tinggal 45 persen. "MRT penumpangnya tinggal 5 persen, bahkan kalau bus penumpangnya tinggal 10 sampai 12 persen, artinya ada penurunan yang signifikan.Ini adalah hasil kerja masyarakat di Jakarta dan Jabodetabek. Karena virusnya menular melalui pertemuan, maka pertemuan ditiadakan dan dikurangi," tandasnya.