JKT48 merupakan sister group dari AKB48 di Jepang. Sebelum adanya JKT48 New Era, grup idol ini telah terbagi menjadi tiga tim. Ada Team J, Tem KIII, dan Team T. Setiap tim tersebut memiliki satu orang center yang merupakan representasi tim tersebut.

Untuk menjadi center Team, itu adalah sebuah pencapaian yang diinginkan banyak anggota. Bahkan, setiap member berlomba untuk jadi terbaik. Nah, beberapa member JKT48 yang pernah menjadi center adalah sebagai berikut.

1.    Center Team J

Team J dibentuk pada tanggal 23 Desember 2012 dengan memilih Melody Laksani sebagai centernya. Perjalanan awal tim ini dengan membawakan setlist Aturan Anti Cinta. Team J kala itu memiliki banyak member yang potensial menjadi center. Contohnya seperti Nabilah Ayu yang terpilih menjadi center setlist Demi Seseorang dan Jessica Veranda center setlist Dewi Teater.

Sayangnya, Nabilah dan Veranda memutuskan untuk menyudahi karier di JKT48 di tahun yang sama. Hal itu membuat manajemen harus mencari pengganti mereka.

Nama Thalia Ivanka kemudian terpilih untuk menjadi center baru Team J. Hal itu membuatnya jadi center pertama Team J yang bukan dari generasi 1. Era center Vanka dimulai ketika setlist Sekarang Sudah Jatuh Cinta dibawakan di teater tahun 2017.

Setahun setelah menjadi center Team J, Vanka dipindahkan ke Team T pada 27 Mei 2018. Di hari yang sama, Cindy Yuvia atau Yupi dari Team KIII dipindahkan ke Team J. Dia menggantikan posisi Vanka sebagai center. Ketika Yupi lulus dari JKT48, posisi center Team J kemudian diambil alih oleh Feni hingga sistem team di JKT48 dihapuskan.

2.    Center Team KIII

Team KIII bisa dikatakan menjadi team paling awet centernya. Selama hampir 8 tahun terbentuk, team ini hanya berganti center sebanyak satu kali saja.

Team ini dibentuk pada tahun 2013 dengan formasi membernya merupakan generasi 2. Sedangkan centernya adalah Cindy Yuvia atau yang lebih akrab disapa Yupi.

Yupi menjadi center Team KIII selama 5 tahun lamanya. Dia membawakan setlist Matahari Milikku, Gadis-Gadis Remaja, Bel Terakhir Berbunyi, dan Back Hip Circle.

Tahun 2018, JKT48 melakukan shuffle atau pemindahan beberapa member ke team lain. Pada momen ini, Yupi dipindahkan ke Team J dan menjadi center dari team barunya tersebut.

Kemudian, posisi center Team KIII dipindahkan kepada Gracia dari generasi 3. Gracia menjadi center dari Team KIII hingga sistem team di JKT48 dihapuskan.

 

3.    Center Team T

Andela Yuwono merupakan original center dari Team T formasi pertama yang dibentuk tahun 2015. Seluruh anggotanya merupakan member generasi 3.

Namun, karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan sebagai idol, Andela akhirnya memutuskan mengakhiri karier di JKT48. Posisi center Team T kemudian dipegang oleh Michelle Christo. Lalu, dirinya dipindahkan ke Team J pada tahun 2016 melalui grand team shuffle.

Ketika seluruh member Team T generasi 3 dipindahkan ke Team J dan Team KIII, Team T membentuk formasi baru yang berisikan member generasi 4 dan 5. Zara kemudian terpilih menjadi center Team T hingga kelulusannya pada tahun 2019 akhir.

Masih di bulan yang sama ketika Zara lulus, Team T dibubarkan. Lalu, semua membernya dipindahkan ke Team J dan Team KIII.

Hal ini membuat Team T tidak memiliki pengganti Zara. Sebab, waktu yang dimiliki untuk team tersebut aktif hanya beberapa hari saja. Mereka hanya memiliki global center setlist saja saat itu, yaitu Nabila Fitriana atau Lala dari generasi 7.

Pada tahun 2020, Team T kembali dibentuk dengan formasi baru yang didominasi oleh member generasi 7 dan 8. Team T ini membawakan setlist Fly! Team T dipimpin oleh Fiony Alveria generasi 8.

Namun, pada akhirnya team ini kembali bubar karena JKT48 menghentikan penggunaan sistem team dan rebranding menjadi JKT48 New Era.

Demikian daftar member JKT48 yang pernah menjadi center Team. Kamu masuh bisa nonton JKT48 melalui aplikasi IDN Live. Di dalam aplikasi tersebut, kamu bisa melihat berbagai konten menarik yang berhubungan dengan JKT48.